Tuesday, September 23, 2014

Matkul Agama Semester 1 - pertemuan I

22 September 2014


Hari pertama masuk kuliah, hari Senin. Pukul 13.50 ane udah standby kelas. dan taaaarraaaa. Dosen  masuk tepat pukul 14.00. WIB.

Tidak lain dan gak mungkin yang lain, pertemuan pertama itu identik dengan perkenalan. Dosen memperkenalkan diri, begitu pula ane dan temen2 sbg mahasiswa baru pun tak luput dari perkenalan diri.

Dosen Matkul Agama ane, namanya Pak Syaifuddin. Aslinya orang Kudus tapi istrinya orang Pekalongan dan sekarang juga tinggal di Pekalongan tepatnya di Wiradesa. Umurnya masih 27 tahun, itu tergolong muda menurut ane. Kesan pertama yang anee tangkep dari perkenalan Dosen ini, orangnya ramah, masih gaul, gak termasuk dalam golongan Dosen Killer dan gak ribet menurut gue orangnya.

Setelah hampir 1 jam perkenalan, akhirnya masuk ke materi pembelajaran. Ane mulai nulis satu-persatu apa yang Pak Syaif sampaikan. Pertemuan pertama beliau menyampaikan point-point materi yang akan dipelajari selama 7 kali pertemuan, tepatnya pertemuan sampai pertengahan semester 1.  Dan berikut catatan catatan dari buku ane yang ane ketik ulang. semoga bermanfaat. :)

Penting :

  • Tatap Muka : 22 September - 3 November 2014 ( 1 kali pertemuan dalam 1 minggu)
  • Maksimal kehadiran Mahasiswa : 5 kali pertemuan (75%)
  • Maksimal keterlambatan masuk kelas : 15 menit.

Materi :

Konsep keimanan dan ketaqwaan dalam Islam
Indikator :
  1. Filsafat ketuhanan dalam Islam
  2. Keimanan dan ketaqwaan
  3. Implementasi keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan modern
Manusia dan Alam Semesta
Indikator : gak sempet ane catet

Hukum Islam
Indikator : gak sempet ane catet

Hak asasi manusia dan demokrasi dalam Islam
Indikator :
  1. Hak asasi manusia dalam Islam
  2. Demokrasi dan Musyawarah
Kebudayaan Islam
Indikator :
  1. Prinsip-prinsip kebudayaan Islam
  2. Nilai-nilai dalam budaya Indonesia
  3. Konsep kebudayaan dalam Islam
  4. Masjid sebagai pusat peradaban Islam
Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pandangan Islam
Indikator :
  1. Pandangan Al-Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Integrasi iman, IPTEK dan amal
Ekonomi dan keuangan dalam ajaran Islam.
Indikator :
  1. Ekonomi dalam Islam
  2. Aturan tentang tata niaga
  3. Akuntansi dalam Islam
  4. Tujuan Akuntansi dalam Islam
Sekiranya itulah yang bisa gue tulis disini berdasarkan apa yang gue catet di buku tulis gue.
Dan untuk font yang berwarna merah, sengaja gue bedain dari warna font materi-materi lainnya, karena materi itu bakal jadi tugas kelompok gue buat bikin makalah dan persentasi.  yang nantinya sekitar 4 minggu harus sudah jadi dan siap untuk di presentasikan di depan kelas dan untuk bahan diskusi hari itu juga.

Well, Insyaallah kalo gue sempet, dari semua materi-materi diatas juga bakal gue posting juga pembahasan-pembahasannya di hari mendatang, tentunya tunggu dulu ke semua materi-materi tersebut satu-persatu selesai dibahas, oke sob?! trims. salam sejahtera bagi kita semua!






0 comments:

Post a Comment

 
Design by Lalu Dinasty | didukung oleh Dinasty-corp - Blogger sejati | Best website