Tuesday, June 24, 2014

Tim Prabowo-Hatta Laporkan Jokowi ke Bawaslu atas Penggunaan Monas

JAKARTA, — Juru Bicara Tim Advokasi Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Habiburokhman, melaporkan calon presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Bawaslu. Jokowi dituduh melakukan pelanggaran kampanye, yakni menggunakan fasilitas umum untuk berkampanye.

"Kami melaporkan pelanggaran kampanye dengan menggunakan fasilitas negara yang dilakukan oleh kubu Jokowi-JK, yang dipimpin oleh Jokowi sendiri," kata Habiburokhman di Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (24/6/2014).

Menurut Habib, Jokowi berkampanye di tempat yang dinyatakan steril, yaitu di sekitar Tugu Monumen Nasional dan Bundaran HI pada Minggu (22/6/2014). Dua daerah tersebut, kata dia, terlarang untuk kampanye berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta No 1389/07.17 tanggal 18 Juli 2008 tentang Lokasi Larangan Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Keputusan KPU DKI No 39 Tahun 2013.

Habib mengatakan, jangankan rapat akbar, pemasangan spanduk saja tidak boleh. Ia merasa heran mengapa Jokowi sebagai gubernur tidak mengetahui peraturan ini.

"Jokowi kan gubernur, walaupun nonaktif, yang seharusnya paham peraturan yang mengikat di daerahnya sendiri. Bagaimana mungkin gubernur tidak paham SK Gubernur?" kata Habib.

Ia menambahkan, kampanye Jokowi itu sudah mendapat respons yang cukup keras dari KPUD DKI Jakarta. Ia mengaku kedatangannya ke Bawaslu bukan untuk mencari-cari kesalahan Jokowi, tetapi hanya ingin mengingatkan.

"Harus sama-sama mematuhi peraturan perundang-undangan. Wujud kesantunan di pemilu ini adalah dalam mematuhi aturan main, mulai yang kecil-kecil hingga yang serius," imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi melepas ribuan peserta Gerak Jalan Revolusi Mental di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (22/6). Gerak jalan santai yang digelar Koalisi Rakyat Indonesia Hebat bersama Tim Pemenangan Jokowi-JK ini menempuh rute Plaza Tenggara Monas, Sarinah, Bundaran HI, dan kembali ke Monas.


sumber : kompas.com

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Lalu Dinasty | didukung oleh Dinasty-corp - Blogger sejati | Best website